Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apa Saja Tata Cara Transfer Uang Antar Bank Yang Benar

Salah satu transaksi perbankan yaitu transfer uang bisa untuk kirim dana tunai sesama bank dan juga antar bank atau bank lain. Ini dapat Anda lakukan untuk pengiriman ke orang lain, saudara, teman, keluarga atau yang lainnya.
Cara Transfer Uang Antar Bank

Transfer uang antar bank bisa dikirim dari bank BRI, BCA, BNI, Mandiri, CIMB Niaga dan bank yang lainnya dari rekening punya Anda ke rekening orang lain yang berbeda bank. Prosesnya harus disertai atau ditambahkan kode bank tujuan pada saat mengisi no rekening tujuan.

Tentu saja kalau melakukan transfer uang dengan mengirim ke bank lain dikenakan biaya kirim atau admin. Untuk kisaran biaya yang harus dikeluarkan setiap bank berbeda-beda. Anda bisa mengetahuinya pada artikel-artikel selanjutnya si blog ini. Atau bisa mengunjungi website dari bank tersebut.

Proses transaksi bisa berjalan dengan cepat atau pun lama, tergantung fasilitas apa yang Anda pilih. Ada yang cuman butuh waktu beberapa menit saja, ada yang sedang atau bahkan ada juga yang memakan waktu banyak berjam-jam.

Cara Transfer Uang Antar Bank

Mungkin Anda sedang buru-buru mau transfer uang ke bank lain dan sedang cari caranya, jadi Kita langsung saja ke penjelasannya. Untuk melakukan kirim uang dengan berbeda bank Anda bisa melakukan cara berikut
  1. Lewat bank. Anda tinggal pergi saja ke kantor cabang bank terdekat. Lakukan proses transaksinya di sana. Dari mulai isi formulir sampai pembayaran. Mungkin Anda bisa saja diharuskan antri terlebih dahulu, kalau memang bank penuh. Selengkapnya bisa klik di cara transfer uang lewat bank.
  2. Lewat ATM. Pergi ke mesin ATM terdekat, kalau kebetulan antri, Anda bisa menunggu sebentar atau cari mesin yang kosong. Lakukan transfer dengan diawali memasukan kartu ATM ke mesin dan kalau sudah selesai jangan lupa ambil lagi kartunya. Selengkapnya klik di cara transfer uang lewat ATM.
  3. Internet. Layanan internet bisa jadi salah satu solusi tercepat buat Anda yang mau kirim uang. Baik itu sesama atau bank lain. Terlebih dahulu Anda diharuskan melakukan registrasi di ATM atau kantor cabang. Butuh panduan? Klik di cara transfer uang lewat internet banking.
  4. SMS. Sama seperti lewat media internet, transaksi lewat pesan singkat ini bisa dibilang sangat mudah dan cepat. Anda tinggal ketik format SMS nya dan kirim ke no bank tujuan dengan no hp yang sudah terdaftar di layanan ini. Anda bisa tahu prosesnya di cara transfer uang lewat SMS banking.
  5. Dengan Aplikasi. Aplikasi mobile banking yang sudah ada di hp android Anda bisa digunakan sebagai sarana kirim uang. Unduh atau download terlebih dahulu apps nya sesuai rekening yang Anda punya dan lakukan registrasi. Panduannya bisa klik di cara transfer uang lewat aplikasi mobile banking.

Demikian penjelasan tentang cara transfer uang antar bank. Mungkin salah satunya bisa jadi rekomendasi buat Anda yang mau kirim uang ke bank BRI, BCA, BNI, Mandiri, CIMB niaga, BJB dan bank lainnya.